Teknik Dasar dan Trik Memilih Alat Pancing

Memancing ikan kelihatannya gampang, menyiapkan perlengkapan pancing, merias umpan, dan mencari mandala yang penuh ikannya. Sebaik saja sampai di zona alat dikeluarkan, umpan dipasang, lemparkan sasaran, menunggu sepintas hingga ikan memakan umpan, kemudian mengikat atau memikat kenur / senar dulu diangkat.

Namun, kenyataannya bukan semudah yang kita hayalkan atau kita lihat. Untuk memancing diperlukan sedikit keahlian khusus. Sistem ini akan sangat diperlukan apalagi pada waktu kita menyidik lomba. Yang jelas, berlatih diperlukan seperti pepatah practise make perfect atau berlatih membuat simpan. Berlatihlah dan pengalaman bakal toko pancing mengajarkan kamu kepada tekink yang betul dan akurat. Berikut beberapa teknik yang perlu dikuasai selain teknik yang sudah disajikan sebelumnya.

Melempar atau Melontar Sasaran

Kunci sukses acara mancing juga ditentukan oleh trik lontaran. Lontaran harus rontok pada tutul yang sama secara titik yang telah diberi sasaran pengebom. Lontaran ke arah yang sembarangan itu menyerupai mengoper bola ke petunjuk yang tiada seorang temanpun yang merencah. Berlatihlah dulu cara melontar di situ harian pra anda beralih ke pertandingan.



Isyarat Tali

Pada runtunan glosor ataupun kenur lepas (free lining) lainnya, kampanye umpan yang dimakan ikan, getarannya refleks disalurkan di kenur. Setelah umpan dilontarkan, gulung utas sedikit, taruhlah joran dalam cagak joran (rod rest) atur kenur agar menegang namun janganlah terlalu sesak, agak kendor sedikit. Perhatikan kenur yang memasuki tirta karena di sini getarannya bisa terlihat terbuka. Ada 2 kondisi yang mana kita pantas segera menggentak joran: Tanpa isyarat mula, tiba-tiba selalu kenur mencuat dan bergerak menjauh. Tali yang terkencar-kencar tadi seketika menjadi kendor. Keadaan unik yang bisa dideteksi menyerupai kenur yang bergerak-gerak menyodok.

Menggentak Joran

Agar ikan dapat tersekat saat sasaran termakan, setelah adanya deteksi gigitan yang diurai di atas tadi. Anda perlu menggentak joran (strike) paling utama bila pertalian yang digunakan berpelampung. Kenyat-kenyut menggentak joran dapat diklasifikasikan sebagai gerakan yang kontan. Untuk ini latihlah gerak refleks dikau, sehingga tangan terlatih untuk segera mengait joran.

Menaklukan Ikan

Menaklukkan ikan merupakan saat yang paling larut dan so pasti kritis. Gerakan ikan yang melawan melebihi kurnia putus utas (breaking strength) dapat menyulut kenur usai. Setel drag pada posisi setengah daripada posisi mati (terkunci penuh) atau serasi perkiraan anda sendiri, tidak biarkan drag dalam stan terkunci penuh. Biarkan ikan yang terpancing melarikan utas. Arahkan joran berlawanan dengan arah mengelak ikan. Jika ikan merubah arah, segera gulung ril anda, jajal menambah tolakan drag.

Melepas Kail

Melepas kail yang menancap pada mulut ikan memang urusan pembantu (kedi) anda. Namun terkadang tersedia saatnya dimana kita swasembada selaku pemancing yang kudu melakukan sesuatu tersebut. Berhati-hatilah saat menjunjung kail, jika menancap di tangan dikau akan sulit untuk melepaskannya. Gunakan sikat untuk mempunyai badan ikan yang reka, biarkan ikan menggelepar pada serokan, bila ikan terdiam pegang ikan dengan tangan kiri, tekan agak rusuh bagian alat pencernaan dengan jempol kiri kamu.