Mengenal Perangkat Jaringan Komputer dan Fungsinya

Gawai jaringan komputer pangku merupakan komponen-komponen yang tatkala perlukan dalam membuat satu jaringan komputer saku. Komponen yang di penentuan adalah tumpuan hardware.

Pada membuat sebuah jaringan komputer saku kita pantas mengetahui perangkat-perangkat hardware, laksana kabel ataupun perangkat wifi, Ethernet card, hub atau switch, repeater, bridge alias router.

Disini saya bakal sampaikan hardware dari Jaringan komputer. Mesti kita ingat bahwa 75% kegagalan yang terjadi di dalam sebuah Jaringan komputer disebabkan karena adanya kesalahan syarat komunikasi yang digunakan dikategorikan kabel serta konektornya serta kualitas penerapan. Faktor berbeda juga dipengaruhi oleh teknis dan keadaan sekitar. Selengkapnya akan member bahas satu-persatu tentang segalanya saja perangkat hardware untuk jaringan komputer saku.

1. Tali

banyak spesies kabel bagi membuat Jaringan, namun member harus mengarifi standar untuk penggunaan bagi komunikasi kabar dalam Jaringan komputer. Jenis2 kabel menyimpan kemampuan yang berbeda-beda. Secara umum siap dua macam kabel serta seringkali tatkala pakai di LAN, ialah Coaxial dan Twisted payah (UTP unshielded twisted peronda dan STP( shielded twisted pair).

2. Ethernet Card/ Network Interface Card (Network Adapter)

Cara kerja Ethernet card berdasar pada broadcast network yaitu setiap node untuk suatu Jaringan menerima pada setiap transmisi laporan yang dalam kirim sebab suatu node yang lain. pada setiap Ethernet card mempunyai petunjuk sepanjang 48 bit yang dikenal sejajar Ethernet Address(MAC Address).

Bibit tersebut sungguh ditanam di setiap runtunan kartu Jaringan (NIC) yang telah di tahu dengan ‘media access control’ (MAC) biasa juga menggunakan istilah ‘hardware address’.

3. Hub & Switch

Hub dan Switch (konsentrator) adalah sebuah perangkat yang mengatup kabel-kabel network dari tiap workstation, server atau client.

4. Repeater

Repeater berfungsi untuk menegakkan sinyal pada menerima tanda-tanda dari suatu segmen tali LAN dan kemudian memancarkan juga dengan kurnia yang sama beserta sinyal sempurna pada seksi kabel berbeda. Dengan memilikinya perangkat ini jarak kabel dapat tatkala perjauh.

5. Bridge

Fungsinya hamper bertumpu dengan repeater akan tetapi bridge lebih fleksibel mempunyai kelajuan dari repeater. Yang yang maksud didefinisikan sebagai bridge bisa menghubungkan Jaringan dengan mempergunakan metode transmisi yang tidak sama misalnya bridge menghubungkan base band & broad band. Bridge pun dapat yang gunakan bagi mengkoneksikan network dengan menggunakan tipe tali yang tidak sama atau topologi yang berbeda. Perangkat Jaringan ini pun bisa mengutahui alamat masing-masing komputer.



6. Router

Satu router bisa mengirim keterangan atau informasi dari satu jaringan di jaringan yang lain. Memiliki keistimewaan yang sama menggunakan bridge walau tidak semakin pintar menggunakan bridge tapi pengembangan radas ini sudah biasa melampaui batas tuntunan teknologi yang di harapkan.

Kemampuan yang di punya Router rumpang lain

1. Router bisa menerjemahkan nas diantara LAN anda serta Internet.

2. Router akan mencarikan alternative jalur yang terbaik dalam mengirim petunjuk melewati computer.



3. Menyusun jalur bakat yang efisien dan siap mengatur keterangan yang menusuk diantara dua buah protocol.

4. Mampu mengatur laporan diantara topologi jaringan

5. Dapat mengelola aliran data melewati kabel fiber optic, kabel coaxial atau kawat twisted pair.

Demikian menyerempet perangkat Jaringan komputer. Aku tahu banyak kekurangan di artikel ini namun abdi berharap dikau dapat menginterpretasikan tentang beberapa jenis perangkat-perangkat hardware jaringan dan semoga segelintir menjadi kompetensi untuk perangkat jaringan komputer masalah jaringan komputer terima kasih.

Write a comment

Comments: 0